Kenalkan Moderasi beragama Di Hari Terakhir Matsama MTsN 2 Boyolali

Boyolali (MTsN 2 BYL) – Agama yang merupakan salah satu aspek yang tidak terpisahkan dari kehidupan masyarakat di Indonesia, terlebih lagi di lingkungan Madrasah sangatlah penting. Moderasi beragama di perlukan untuk menjaga keharmonisan antara hak beragama dan kewajiban berbangsa maupun bernegara di manapun berada.

Muh Fauzan Huda, S.Pd selaku pemateri pada kegiatan matsama mengatakan ada empat indikator yang harus diketahui dalam moderasi beragama. “Ada empat indikator moderasi beragama, yaitu toleransi, anti kekerasan, penerimaan terhadap tradisi, dan komitmen kebangsaan. Apabila empat indikator tersebut terpenuhi, kemaslahatan kehidupan beragama dan berbangsa yang harmonis, damai, dan toleran menuju Indonesia maju bukan lagi menjadi hal yang mustahil,” ujarnya Rabu (20/7/22).

“Tidak sedikit yang beranggapan bahwa moderasi beragama akan mendangkalkan pemahaman keagamaan. Padahal, moderasi beragama justru mengimplementasikan nilai-nilai keagamaan yang sesungguhnya. Orang dengan pemahaman agama yang baik akan bersikap ramah kepada orang lain, terlebih dalam menghadapi perbedaan. Singkatnya, Moderasi beragama bukan mencampur adukkan ajaran agama, melainkan menghargai keberagaman agama di Indonesia. Perbedaan dalam beragama boleh boleh saja tapi harus saling hormat menghormati, saling bertoleransi karena di Indonesia mempunyai beberapa agama yang dianut oleh masing masing pemeluknya”. Tambah Fauzan

Pelaksanaan matsama hari terakhir ini para siswa baru antusias dan mengikuti alur kegiatan dengan semangat. Kegiatan di mulai dengan apel pagi dan berdoa bersama kemudian di lanjutkan berlatih PBB di pimpin Mukh Sodik. Kegiatan semakin menarik karena ditampilkan siswa siswi Program Khusus sains berupa hasil karya roket air dan juga persembahan extra kurikuler pencak silat serta taekwondo.

Sebagai tanda sudah berakhirnya Matsama, diselenggarakan apel penutupan di aula MTsN 2 Boyolali pukul 13.15 WIB. Kepala Madrasah Drs. H. Nur Hasan di dampingi WaKa Kesiswaan memberikan sambutan sekaligus memberikan reward bagi peserta matsama teraktif tahun ini.

Dalam sambutanya Kepala Madrasah menekankan untuk para siswa baru agar dapat beradaptasi dengan kegiatan belajar mengajar efektif di Madrasah. “Semoga para siswa baru dapat mengikuti dengan baik seluruh mata pelajaran dan program extra kurikuler yang ada dan dapat mengukir prestasi dalam segala bidang baik akademik maupun bidang non akademik”, tambah Nur Hasan (AA)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *